Menikmati Keindahan Alam Desa Wisata Pujon Kidul

Friday, February 28th 2020. | Wisata

Mungkin banyak yang sudah tahu kalau kota Malang memang memiliki banyak obyek wisata yang bisa mengisi liburanmu. Mulai dari wisata bernuansa alam hingga wisata buatan. Nah baru-baru ini ada tempat wisata yang sedang hits di kalangan muda maupun tua, yaitu Desa Wisata Pujon Kidul. Desa ini berada di Kecamatan Pujon, kabupaten malang.  Desa ini terdaapat tiga dusun yaitu ada Dusun Maron, Krajan, dan Tulungerjo yang masing-masingnya memiliki potensi wisata yang unik dan asyik. Dengan luas 7600 meter per segi, area ini dikelililingi perbukitan sehingga udara disini begitu sejuk ditambah banyaknya sawah warga yang ada kiri dan kanan menambah keasrian desa ini. Kalau kamu udah kesini, bakal ngerasa betal deh berlama-lama disini! Desa ini dulunya biasa-biasa saja dan belum terkenal, namun mulai 2015 desa ini perlahan disulap oleh warga setempat menjadi desa yang amat cantik sehingga pas sekali dijadikan desa wisata. Bahkan pada hari biasa sudah ada sektar 500 pengunjung yang berwisata di desa ini, apalagi waktu hari libur bisa mencapai 5 ribu an pengunjung.

Hal Menarik Yang Bisa Kita Dapati di Desa Pujon Kidul

  1. Rute ke Desa Pujon Kidul

Sebenarnya, untuk menuju ke Desa Wisata Pujon Kidul tidaklah susah. Karena akses jalan menuju kesini cukup mudah dijangkau. Wisata ini berada 30 KM dari pusat kota malang dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1,5 jam.  Rute perjalanannya juga tidak sulit, meski harus melewati jalan yang menanjak dan beberapa jalan yang berlubang. Mesk tidak sulit, kamu harus tetap berhati-hati ya! Nah kalau kamu sudah tiba di wisata desa yang satu ini, dijamin deh rasa lelah selama perjalanan akan hilang begitu saja karena akan terbayarkan dengan suasana sejuk disini.

Untuk yang masih bingung dengan letak dan rute Desa Pujon Kidul, di bawah ini ada penjelasannya nih. .

  • Kalau jalan melewati Jln. Raya Ir.Soekarno, perjalanan ditempuh dengan jarak 38,4 KM selama kurang lebih 1 jam 35 menit.
  • Kalau jalan melewati Jln. Raya Lawing-Malang, perjalanan ditempuh dengan jarak 36,6 KM selama kurang lebih 1 jam 35 menit.
  • Kalau jalan melewati Jln. Trunojoyo, perjalanan ditempuh dengan jarak 36,6 KM selama kurang lebih 1 jam 25 menit.
  1. Taman bunga yang mebuat harimu penuh warna

Disini, kamu bisa meilhat beraneka ragam jenis bunga sambil berfoto-foto. Tempat ini cocok banget buat selfi-selfian ditambah lagi backgroundnya sebuah pegunungan sejuk  yang bernama pegunungan Dorowati. Disini kamu hanya diperbolehkan melihat-melihat dan berfoto saja, karena dilarang keras untuk memetiknya sebab akan merusak kelestarian taman bunga. Kalau kamu ingin bunga untuk dibawa pulang, di sekitaran sini ada kok penjual bunga.

READ  Menyelusuri Indahnya Surga Tersembunyi yang Terdapat di Pulau Maratua
  1. Café Sawah yang menjadi tujuan favorit di Desa Pujon Kidul

Di café ini, kamu bisa menikmati aneka kuliner bersama keluarga maupun teman-teman dan pastinya harganya tidak menguras kantong.  Nah belum lengkap rasanya kalau belum  mencicipi secangkir kopi sambil ditemani suasana pedesaan, hamparan sawah, kebun-kebun, hingga gubuk-gubuk pedesaan.

  1. Berkuda

berkuda sambil menikmati pemandangan di sekitar Desa Pujon Kidul, merupakan kegiatan yang harus kamu coba. Tidak perlu khawatir akan keselamatan, karena kamu juga akan ditemani oleh pemandu kuda.

  1. Mengunjungi pertenakan sapi

Wisatawan bisa melihat langsung  kegiatan para pertenak sapi mulai dari membersihkan kandang, memandikan sapi, memberi makan, sampai proses memerah susu sapi yang benar dan higines. Kualitas sapi disini benar-benar dijaga sehingga menghasilkan susu sapi yang bagus. Setiap pagi dan sorenya, sapi-sapi itu diperah dan diambil susunya. Dalam sehari, bisa sampai menghasilkan 7 liter susu lho!

Sebenarnya, masih banyak hal menarik yang bisa kamu lakukan disini. Seperti memetik sayur, wahana, outbond, play ground di tengah sawah,  mendaki bukit, hingga kegiatan camping dengan sensasi menginap di alam terbuka, Nah kalau ingin menelusuri Desa Pujon Kidul lebih dalam, kamu bisa berkunjung ke 2 wisata air terjun yang indah yaitu Coban Mana dan Coban Sumber Pitu yang memiliki keindahan tersendiri. Namun, rute menuju lokasi air terjun cukup sulit, sehingga kamu harus menggunakan petunjuk arah dari warga setempat. Untuk tarif masuk ke Wisata Pujon Kidul, kamu harus membayar 5000 rupiah per orangnya dan tarif parkir sebesar 2000 per sepeda motor. Demikian beberapa informasi mengenai wisata Desa Pujon Kidul, semoga bermanfaat!

Related For Menikmati Keindahan Alam Desa Wisata Pujon Kidul