Menyelusuri Indahnya Surga Tersembunyi yang Terdapat di Pulau Maratua

Kalimantan Timur memang menyimpan banyak keindahan  alam tersembunyi bagaikan surga dunia, salah satunya Pulau Maratua. Ada 3.000 penduduk yang tinggal di pulau ini yang dibagi dalam empat desa. Pekerjaan sehari-hari penduduk disini ialah nelayan.  Keindahan laut di pulau ini memang menajubkan.  Bagi kamu yang suka kegiatan diving dan snorkeling, yang pas sekali karena disini terdapat banyak spot-spot bagus.

Saat menyelam dan berenang, kamu akan melihat berbagai jenis ikan cantik yang belum tentu bisa kamu temui di lautan lainnya, seperti  ikan pari putih dan lion fish. Ada danau ubur-ubur yang menjadi tujuan favorite para wisatawan. Maratua bahkan sudah dikunjungi banyak wisatawan lokal hingga wisatawan mancanegara. Pulau Maratua bentuknya seperti huruf U, dan dikelilingi banyak pulau-pulau kecil Seperti Pulau Nusa Kokok, Pulau Semut, Pulau Sangalan, Pulau Nunukan, Pulau Pabahanan, Pulau Bakungan, Pulau Sidau, Pulau Andongabu, Pulau Bulingisan, dan Gosong Pasir. Ingin tahu lebih dalam tentang keindaan Pulau Maratua? Yuk simak penjelasan dibawah ini.

Lokasi Pulau Maratua

Pulau Maratua termasuk pulau terluar yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau ini berbatasan langsung dengan Filipina dan Malaysia(Sabah). Pulau Maratua merupakan sebuah pulau kecil yang letaknya di selatan pulau tarakan dan di lautan Sulawesi

Mitos seputar Pulau Maratua

Nama Maratua berasal dari mitos tentang kisah pernikahan. Kedua mempelai yang akan melangsungkan acara pernikahan tinggal di pulau berbeda, jadi acara pernikahan pun akan diadakan di Pulau Panjang. Semua anggota keluarga kedua mempelai memutuskan berkumpul di sebuah kapal. Saat perjalanan menuju pulau panjang, datang bencana badai laut disertai ombak besar dan angin kencang. Kapal yang mereka naiki akhirnya tertabrak karang dan semua penumpang pun tenggelam.Dan katanya, semua anggota keluarga mempelai menjadi pulau. Mempelai wanita menjadi Pulau Derawan(artinya perawan), sang ibu berubah menjadi pulau Semama(mama), dan kakanya berubah menjadi pulau kakaban(kakak). Sedangkan mempelai laki-laki menjadi pulau Sanglaki dan calon mertua perempuan berubah menjadi Pulau Maratua(mertua).

Akses menuju Pulau Maratua

Untuk menuju Pulau Maratua, kamu bisa memilih dua jalur alternatif, yaitu jalur udara dan jalur laut. Untuk  jalur udara, akhir-akhir ini banyak digunakan wisatawan. Perjalanan dimulai dari kota Tarakan. Setelah sampai bandara Tarakan, kamu bisa memesan tiket pesawat jenis cesna menuju Pulau Maratua yang hanya membutuhkan 30 menit perjalanan. Rute kedua yaitu lewat jalur laut. Kamu bisa memulai perjalanan dari kota Tarakan, kemudian naik pesawat dengan tujuan Bandara Tanjung redeb. Nah baru deh kamu menuju Pulau Maratua lewat perjalanan laut, namun perjalanan ini membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu 3 jam perjalanan.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Maratua

Pulau Maratua sudah tersedia faslilitas yang lengkap, seperti penginapan. Di Maratua terdapat sebuah penginapan yang bernama Maratua Paradise Resort.  Penginapan ini terdiri dari 2 area yaitu beach villa yang letaknya ada di pinggir pantai dengan 500 ribu per malamnya dan water villa yang letaknya ada di atas perairan pantai Maratua. Tarif penginapan tersebut sudah termasuk makan 3x sehari, pendingin ruangan,, dan bathup. Di Maratua Paradise Resort juga tersedia penyewaan kapal, penyewaan peralatan diving dan snorkeling, jadi bagi kamu yang ingin menjelajah keindahan bawah laut, bisa langsung menyewa disini.

Aktivitas seru dan menyenangkan yang bisa kamu lakukan di Pulau Maratua

  1. Snorkeling

Aktivitas snorkeling bisa kamu lakukan di Pulau Maratua, berenang sambil mencari ikan nemo  akan menjadi pengalaman seru yang tidak akan kamu lupakan. Kalau beruntung, kamu bisa melihat ikan pari bermain-main dalam air. Keindahan bawah laut Maratua akan membuatmu terpesona, jadi jangan lupa bawa kamera underwater untuk mengabadikan momen menyenangkan snorkeling bersama biota bawah laut Maratua. Ada waktu terbaik untuk snorkeling, yaitu saat sore hari hingga menjelang matahari terbenam. Nah kamu bisa menyewa langsung perlengkapan snorkeling yang harga sewanya sekitar 40 ribu rupiah per 12 jam nya.

  1. Diving

Diving merupakan kegiatan favorit yang menjadi andalan dari Pulau Maratua. Tersimpan surga bawah laut yang menajubkan yang bisa kamu ekspos saat menyelam disini. airnya yang jernih, serta hamparan terumbu karang nan indah akan membuat siapa saja yang melihatnya berdecak kagum. Di Pulau Maratua terdapat banyak spot diving yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Berikut 7 spot diving terfavorit di Maratua.

  • The Channel

Spot yang satu ini adalah spot  yang paling unik dan juga menantang. Namun spot ini dikhususkan oleh penyelam handal  saja karena spot ini terkenal ekstrim. Ada banyak jenis hiu seperti hiu abu-abu, hiu moncong putih, dan hiu kepala martil yang bisa kamu temukan disini.

  • Mid Reef

Di spot ini sering dikunjungi Nurse Shark dan Hiu Thresher. Wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan hawkfish, ikan kakatua, sekawanan kuda laut, hingga penyu-penyu lucu yang berenang bebas dibawah laut.

  • Turtle Traffic spot

Dari nama spotnya saja sudah ketebak, kalau spot ini terkenal akan pemandangan penyu-penyu hijau yang menggemaskan. Jika kamu beruntung, kamu bisa menemukan spesies langka seperti Hawksbill Turtles. Ada juga hewan-hewan laut lainnya yang bisa kamu temukan, seperti mantis shrimp, lobster, belut moray, dan aneka terumbu karang cantik.

  • Hanging Garden

Berbentuk seperti dinding vertikal, spot indah yang satu ini menjadi rumah bagi terumbu karang  dan berbagai jenis ikan. Terumbu karang jenis black coral trees tumbuh pada dinding-dinding Hanging Garden dan bersembunyi dibalik karang-karang besar.  Diluar bagian dinding, kamu bisa melihat penyu dan hiu yang berenang bebas di lautan.

  • Eel Garden

Berbeda dengan spot lainnya, di Eel garden atau biasa disebut dengan taman belut laut,  terhampar panjang pada dasar laut yang berpasir serta dihiasi terumbu karang cantik. Di spot ini terdapat ikan tuna spanyol dan sekawanan barakuda

  • Cabbage Garden

Spot ini hampir mirip dengan spot Hanging Garden, karena ada banyak ikan-ikan kecil yang bersembunyi di dalam terumbu karang.  Sekawanan penyu akan kamu lihat berkumpul di spot Cabbage Garden. Nah dari semua spot diving di Maratua, spot Cabbage Garden lah yang paling aman untuk didatangi penyelam pemula.

  1. Berburu foto

Semua tempat di Pulau Maratua cocok sekali dijadikan tempat berfoto ria karena pemandangannya yang bagus sekali. Dijamin gaya seperti apapun akan terlihat bagus deh hasilnya!

  1. Wisata kuliner

Kurang lengkap kalau belum mencicipi makanan khas dari Kalimantan Timur yang bisa kamu dapati di Maratua. Ada banyak  kuliner khas yang paling disukai wisatawan, yaitu nasi bakepor, gance ruan, sambal raja, bubur pedas, sate payau, dan ayam cincane.

  1. Bersantai di pinggir pantai

Kamu bisa menikmati panorama pantai ditemani hembusan angin pantai dengan berjemur di pinggir pantai. kalau kamu pergi ke pinggir pantai di sore hari, tidak ada salahnya untuk menunggu momen matahari terbenam. Wah dibayangangkan saja udah indah banget kan?

Jam buka dan tiket masuk Pulau Maratua

 Wisata Pulau Maratua ini buka 24 jam setiap harinya, maka tidak ada kata tutup untuk dikunjungi wisatawan. Untuk tiket masuknnya gratis, jad tidak dikenakan tariff masuk. Kalau untuk kegiatan seperti paket diving, dikenakan tarif 650 ribu rupiah, belum termasuk sama kelengkapan selamnya.

Itu dia informasi mengenai keindahan Pulau Maratua. Semoga info diatas bisa kamu jadikan pedoman saat hendak berkunjung ke Pulau Maratua. Oh iya saat berkunjung utamakan selalu menjaga kelestarian alamnya, jangan sampai merusaknya lho! Happy Holiday. . . jangan lupa kunjungi blog wisata lainnya disini.